Kamis, 06 Oktober 2022

Social media marketing jelaskan dan berikan contohnya

                              

Pagi semua..

Salam dari saya, Kembali lagi di blog saya Supiana Pardede 

Disini saya ingin berbagi pengetahuan saya kepada teman-teman semua

Saya juga akan menjelaskan bebrapa tentang social media marketing ya teman-teman.

dengan menjelaskan blog ini sebelumnya saya sudah menjelaskan contoh membuat internal link dan eksternal link dalam seo.

Social media marketing jelaskan dan berikan contohnya

Istilah social media marketing dapat mengacu pada pengguna media social untuk memasarkan produk dan layanan dari suatu perusahaan atau bisnis. Sederhananya social media marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang di lakukan melalui social media seperti facebook, Instagram, atau twiter.

Tujuan nya adalah? 

Tujuan dari sebuah sosial media marketing itu untuk mempromosikan ptoduk dan layanan mereka. Social media marketing juga di lengkapi dengan analitycs tools yang memungkinkan perusahaan untuk memantau keberhasilan dari campaign mereka.

Pentingnya social media marketing

Mengutip hasil penelitian yang diterbitkan pada digital 2021: the latest insight into the state of digital, rata-rata masyarakat Indonesia juga banyak menggunakan social media selama 3 jam 14  menit dalam sehari bahkan lebih. Pengguna social media di Indonesia sekarang sudah mencapai 274,9 juta jiwa.

Fakta di atas membuktikan bahwa di era digital seperti sekarang, media social memili pengaruh yang massif terhadap kehidupan masyarakat sehingga strategi marketing menggunakan media social dianggap ampuh untuk menjangkau berbagai caolon konsumen di Indonesia dengan rentang usia beragam. Berikut akan saya jelaskan alasan lainnya mengapa social ,marketing sangat penting digunak.

1.Meningkatakn brand awareness

 Brand awareness adalah kondisi di mana konsumen atau calon pelanggan dari bisnis                  kita langsung menganali dan mengingat brand walaupun hanya dengan meliihat logo, gambar, warna, atau contoh produk saja.

2.Meningkatkan user engagement 

Dengan demikian banyaknya masyarakat yang mulai mengetahui dan menaruh perhatian terhadap brand atau produk kita, maka akan semakin banyak pula calon pelanggan yang bisa didaptkan.  Mengunggah produk atau jasa kita pada media social juga mampu meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan para calon konsumen. 

3.Memetakan target pasar

Dengan semakin populernya  masyarakat di kalangan masyarakat, tentu banyak perusahaan dan brand yang beralih menggunakan media social dalam memasarkan produk mereka. Oleh karena itu, akan lebih mudah bsgi kits dalam mempelajari competitor mulai dari strategi marketing yang digunakan inovasi produk yang dikeluarkan. 

4.Mengetahui respon pelanggan pada produk

Media social menyediakan berbagai fitur  yang bermanfaat guna mengetahui respon pelanggan terhadap produk yang kita jual. Contohnya, melalui fitur komentar dan like dapat di ketahui seberapa banyak pelanggan yang puas dilihat dari feedback yang mereka berikan di kolom komentar.

Jenis-jenis social media marketing

Ada beragam jenis media sosiaal yang cocok digunakan dalam menjalankan strategi marketing. Nah, media sosial apa saja itu? Simak selenhkapnya yang saya jelaskan yaa.

-Instagram

-Twiter

-Whathapp 

-Youtube 

-Facebook 

Cara kerja social marketing 

Generasi mudah saat ini adalah generasi instan yang tidak terlalu suka segala sesuatu yang rumit. Alih-alih menggunakan berbagai platform berbeda untuk chaating, membaca berita, dan berbelanja, mereka justru lebih suka hanya menggunakan satu platform untuk melakukan semua aktivitas tersebut. Dan platform yang dapat menjadi wadah bagi generasi mudah untuk melakukan segala aktivitasnya adalah media sosial.

Menentukan strategi

Langkah-langkah yang harus di lakukan untuk memulai social media marketing adalah menentukan strategi. Strategi  yang dimaksud yaitu:

1.Menentukan tujuan

2.Target pasar

3.Saluran media sosial yang akan di gunakan

4.Dan jenis konten yang di bagikan

Apabila ingin membagikan konten promosi berupa foto, maka kalian tidak perlu repot  untuk menemukan ide kontennya. Karna saat ini banyak tersedia jasa desain logo dan konten yang siap membatu mempersiapkan konten promosi iklan. 

-Perencanaan dan penerbitan 

Setelah strategi bisnis sudah matang dan platform media sosial yang akan di gunakan juga sudah ditentukan, maka Langkah selanjutnya adalah penerbitan. Tentukan kapan saja kalian akan menerbitkan konten-konten promosi melalui media sosial.

-Menggunakan kata-kata yang mengundang pembaca

Salah satu rahasia kesuksesak media marketing terletak pada susunan katanya. Compywriting sangat di perlukan dalam proses pembuatan konten promosi agar  Ketika pembaca dan melihat konten tersebut, pelanggan menjadi tertarik dan penasaran.

-Memantau dan mengamati

Langkah selanjutnya adalah memantau feedback dari pelanggan terhadap konten yang kita terbitkan. Kita harus tetap memperhatikan respon pelanggan karena apabila pelanggan merasa terganggu atau kurang suka dengan konten kita, akan berpotensi pada eksistensi brand kita.

-Pelaporan dan analisis

-Iklan berbayar

Nah cukup sekian pembahasan dari saya  kali ini untuk pembahasan social media marketing semoga bermanfaat ya! Bagi kalian yang ingin tau artikel-artikel lainnya mengenai website atau mengenai dunia digital maka dapat mengunungi blog saya 

Salam dari  saya 

Selamat siang..

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...