Selasa, 24 Januari 2023

Belajar Digital Marketing untuk SMK Jurusan RPL di Pekanbaru

Hallo gays, selamat siang, 

Kembali lagi di artikel ini ya teman - teman, untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai digital marketing untuk SMK jurusan RPL. Disni saya juga bisa merekomendasikan tempat PKL yang cocok untuk jurusan RPL  agar anda bisa mengetahui tempat yang bagus, simak ya gays....





Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, sudah jelas bahwa digital marketing adalah cara pemasaran yang sangat efektif. Media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi.

Banyak perusahaan kini mulai berlomba-lomba memaksimalkan kampanye-kampanye mereka di dunia digital. Tapi, apa sih, alasannya? Kenapa strategi digital marketing seperti ini sekarang sangat populer?

Apa Itu Digital Marketing?

Sebuah strategi pemasaran yang memasarkan produk atau jasa melalui media internet, Digital marketing atau pemasaran digital adalah metode pemasaran produk atau layanan secara online dengan memanfaatkan medium digital dan elektronik. 

Jadi, perusahaan menggunakan medium tersebut untuk menarik pelanggan dan menaikan target penjualan. Peluang yang tersedia dari perkembangan digital marketing menjadi tidak terbatas, semua jenis usaha bisa melakukannya sehingga tidak ada perusahaan yang ingin melewatkan kesempatan untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Banyak ahli yang menyebut digital marketing akan menggantikan metode pemasaran konvensional karena ketersediaan internet yang semakin baik. Lantas, bagaimana perkembangan sejarah digital marketing dari tahun ke tahun?

Apa Manfaat Menggubakan Digital Marketing?

Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kami akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemasaran digital.

Tentu saja, faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hampir semua orang sekarang ini juga lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi sejak pandemi COVID-19.

Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang membuatnya menjadi cara pemasaran yang wajib Anda coba jika sedang merintis atau sudah memiliki bisnis.

Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:

1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Dari sini, Anda pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah strategi digital marketing Anda diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.

Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda pun bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.

Nah, digital marketing adalah metode yang tepat karena Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.

Hasilnya, jasa atau produk yang Anda tawarkan menjadi selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.

4. Biaya Lebih Murah

Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, kalau sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan menerapkan digital marketing, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda bisa dipercaya, yang akhirnya akan meningkatkan penghasilan online Anda. 

Strategi dan Penerapan Digital Marketing?

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, media-media yang digunakan untuk pemasaran digital meliputi saluran komunikasi yang sebenarnya hampir setiap hari kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun telepon.

Digital marketing memiliki beberapa strategi, tergantung pada media yang digunakan. Nah, untuk saat ini, jenis strategi digital marketing adalah:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing yang satu ini ini melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu SEO dan PPC.

Search Engine Optimization

Cara ini dilakukan dengan mengoptimasi konten digital marketing Anda agar muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar ke penyedia iklan. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami tentang SEO dan cara menerapkannya.

Langkah-langkah Memulai Digital Marketing untuk Pemula

Sebelum memulai menjalankan strategi digital marketing yang kamu pilih, lakukan pula beberapa langkah di bawah ini yang dapat menjadi panduan ketika akan memulai digital marketing.

1. Menentukan target pasar dan pilihan produk

Yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih target pasar atau siapa yang akan menjadi konsumen kamu terlebih dahulu. Setelah mengetahui dan mengenali target pasar yang tepat, baru pelajari apakah produk yang akan kamu buat bisa menjadi solusi untuk mereka.

2. Memilih produk yang menjadi solusi terbaik

Langkah kedua dalam belajar digital marketing untuk pemula adalah, memilih produk yang ingin ditawarkan. Kamu perlu memikirkan apakah produk kamu adalah yang terbaik dan menjadi solusi? Jadi, pastikan bahwa produk yang akan kamu perkenalkan bisa menjawab permasalahan para calon konsumen.

3. Membangun website

Buat website segera setelah menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang pilihan yang bagus untuk bisnis. Namun situs itu tetap bukan milikmu sendiri. Jadi, sebaiknya bangun website milikmu sendiri.

4. Membangun media sosial

Website beres, sekarang saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa memilih dua di antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih yang menurutmu tepat dengan target pasar.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Jangan lupa terapkan SEO, SEM, dan Social Media Ads untuk meningkatkan jangkauan digital marketing. SEO dipakai agar bisnismu tampil di laman pertama Google. SEM adalah layanan berbayar supaya bisnis kamu cepat dikenal. Social media ads juga punya fungsi sama seperti SEM.

Kesimpulan

Digital marketing merupakan salah satu upaya promosi yang dilakukan melalui media digital/internet. Modul ini memberikan langkah praktis pemanfaatan media digital saat ini, mencakup pemilihan media digital yang sesuai dengan usaha, mengelola komunikasi efektif, mengelola transaksi digital, membuat konten sesuai tujuan. 

Ditambah tips untuk meningkatkan optimalisasi digital marketing untuk usaha anda. Dalam modul ini pun diulas pentingnya menerima feedback konsumen sebagai acuan inovasi dalam usaha. Saya rekomendasikan untuk anda yang ingin belajar banyak tentang pemasaran marketing anda bisa mengunjungi tempat magang betabisnis tentang pemasaran.

Nahh, itu lah yang saya pahami mengenai digital marketing jika ada yang kurang tepat di dalam artikel ini, anda bisa memperbaiki sendiri dengan pendapat anda masing - masing, semoga membantu anda terimaksih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...