Rabu, 18 Januari 2023

Tempat PKL Yang Cocok Untuk Jurusan RPL

Hallo guyss, kembali lagi bersama saya...

Nah di artikel ini saya membahas mengenai tentang PKL untuk jurusan RPL.

Saat ini dunia kerja sedang mengalami penyesuaian karena adanya perkembangan teknologi. Hal ini juga memberi pengaruh lho ke siswa SMK. Pengaruhnya apa nih ke dunia SMK? Jadi ketika dunia kerja mengalami perubahan, maka kurikulum di SMK pun ikut mengalami penyesuaian. Seperti apa perkembangannya? Yuk, kita simak pembahasan di bawah ini.



Apa Itu Jurusan RPL?

RPL merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL mempelajari dan juga mendalami  semua cara - cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pembangunan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tertentu.  Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut. 

Setelah anda memahami mengenai tentang PKL perlu anda ketahui juga Apa Saja Yang Harus di Persiapkan Untuk Mengikuti Prakerin Atau PKL agar lebih banyak pemahamannya.

Apa Itu PKL?

PKL merupakan singkatan dari Praktek Kerja Lapangan. Sedangkan Prakerin merupan Praktik Kerja Industri, tentunya dua hal ini merupakan hal yang sama, tidak jauh berbeda. PKL ataupun Prakerin ini merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksankan di dalam dunia usaha atau dunia industri. 

Yang tentunya ini sangat berhubungan dan sangat relavan dengan kompetensi atau kemampuan pada siswa yang sesuai pada bidang usaha masing - masing.

PKL ini merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh sekolah ataupun universitas tinggi dengan melibatkan siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ataupun mahasiswa. Dan tentunya ini dilaksanakan di dalam Dunia Usaha Industri untuk tujusn pendidikan.

Alasan yang mendasari mengapa siswa memilih SMK agar nantinya saat pelaksanaan PKL ataupun Prakerin tidak banyak mengalami kendala dalam penerapan ilmu yang sudah didapatkan di bangku pendidikan.

Tujuan PKL

Sebelum melaksanakan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan di Dunia Industri, alangkah baiknya Para Siswa ataupun Mahasiswa mengetahui dan memahami Tujuan dari PKL itu sendiri agar nantinya saat pelaksaan PKL/ Prakerin bisa lebih maximal kembali. Apa saja tujuannya? Yuks kita simak

Siswa diharapkan dapat mengimplementasikan atau menerapkan Ilmu dan Materi-Materi yang sudah didapatkan di bangku sekolah ataupun Kuliah. 

Jadi, ketika mereka nantinya terjun di dalam Dunia Industri mereka tidak hanya mengetahui secara Teorinya saja namun juga dapat mempraktekannya di dalam kondisi Realnya.

1. Membentuk Pola Pikir dan Mindset yang Baik 

Dengan adanya kegiatan PKL atau Prakerin ini diharapkan dapat membentuk Pola Pikir para Siswa ataupun Mahasiswa mengenai Gambaran Realnya Kehidupan Dunia Kerja ataupun Industri, sehingga setelah mereka melaksanakan kegiatan ini mereka punya gambaran sederhana dan kompleksitas di Lingkungan Kerja. Tentunya hal ini tidak akan didapatkan di bangku Sekolah ataupun Kuliah.

2. Melatih Sikap atau Attitude peserta PKL

Ketika mereka melaksanakan kegiatan PKL, para siswa ataupun Mahasiswa dapat belajar juga bagaimana berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik secara profesional di dalam dunia kerja. Sehingga harapannya nanti adalah ketika mereka terjun dalam Dunia Kerja mereka sudah tidak merasakan takut ataupun canggung saat berkomunikasi secara profesional dalam Dunia Kerja.

3. Membentuk Etos Kerja

Tujuan keempat adalah membentuk Etos Kerja yang baik para peserta PKL, baik siswa ataupun Mahasiswa. Sehingga nantinya mereka tidak hanya bagus dari segi teoritis, namun dari Skill dan Kemampuannya lebih baik serta Berkualitas. 

Manfaat PKL

Setelah mengetahui tentang tujuan prakerin, berikutnya penting untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari pelaksanaan PKL/Prakerin ini bagi Siswa ataupun Mahasiswa.

Setelah anda mengetahui tujuan dari PKL itu anda juga perlu tahu manfaat nya apa, tetapi anda juga harus tahu Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerjadi Bidang Komputer Selama PKL nanti. 

Jelas, Manfaat yang akan didapatkan oleh mereka adalah bertambahnya keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha yang mungkin tidak pernah didapatkan oleh mereka di bangku pendidikan. Tentunya Pengetahuan dan keterampilan ini sangatlah bermanfaat sebagai bekal mereka nantinya ketika akan terjun dalam Dunia Usaha.

2. Membentuk Pola Pikir

Manfaat PKL/Prakerin berikutnya adalah hal ini dapat membentuk pola pikir dan mindset para siswa ataupun Mahasiswa dalam Dunia Industri.

3. Mengenalkan pada peserta PKL Pekerjaan Lapangan yang sesungguhnya

Manfaat berikutnya adalah, memperkenalkan pada para siswa ataupun mahasiswa pekerjaan lapangan yang sesungguhnya didalam dunia industri. Harapannya ketika mereka nantinya terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya sudah mampu beradaptasi dengan baik.

4. Menjalin Kerja Sam

Kerja sama ini tidak hanya didapatkan oleh siswa ataupun mahasiswa saja. Namun manfaat menjalin kerja sama ini pun dapat dirasakan juga oleh Sekolah. Yaitu menciptkan Kerja sama antara sekolah dan perusahaan ataupun Dunia Industri.

5. Mengasah Keterampilan

Manfaat PKL/Prakerin berikutnya adalah dapat membantu mengasah keterampilan para siswa. Tentunya Keterampilan Siswa ini dapat semakin terasah ketika mereka sudah menjalani Praktek Kerja Industri ataupun Praktik Kerja Lapangan tersebut.

6. Menghasilkan Sumber Daya Manusia

Manfaat prakerin berikutnya adalah hal ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan Dunia Industri.

7. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Seiring dengan perkembangan zaman tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang bisa mengikuti perkembangan apa saja yang dibutuhkan dalam Dunia Industri ataupun Usaha, maka dari itu inilah salah satu manfaat yang akan didapatkan mereka peserta PKL/ Prakerin, SDM yang berkualitas dan profesional.

8. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga

Manfaat prakerin berikutnya adalah hal ini dapat meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik serta melatih tenaga kerja nantinya agar semakin berkualitas dan lebih baik.

9. Memberikan Keuntungan Pihak Sekolah

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, selain membeirkan manfaat bagi Siswa Siswi ataupun Mahasiswa sebagai peserta PKL, kegiatan prakerin ini juga memberikan manfaat dan keuntungan bagi pihak sekolah. Karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat didunia usaha/industri.

10. Sebagai Bentuk Penghargaan

Manfaat prakerin selanjutnya adalah sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja itu merupakan bagian dari proses pendidikan. Selain materi, pengalaman kerja juga sangat dibutuhkan sebelum para siswa ataupun mahasiswa nantinya terjun dalam Dunia Kerja

HAL-HAL PENTING TENTANG PKL

Hal Yang Harus Dipersiapkan Anak SMK Sebelum PKL




PKL atau praktek kerja lapangan atau yang lebih baru disebut dengan PRAKERIN atau praktek kerja industri adalah sebuah proses yang harus dilalui anak SMK untuk dapat naik kelas. Selain mendapatkan nilai, kita juga dapat merasakan bagaimana bekerja, berinteraksi dengan pelanggan, terbiasa dengan alat-alat yang akan kita gunakan dan bahkan mendapatkan uang saku dari orang yang kita bantu, industri yang kita bantu dan lain sebagainya.

  • Kuasai Dasar Materi Jurusan Kalian
  • Belajar Berinteraksi Dengan Orang Lain Secara Sopan
  • Bertanya Di Saat Yang Tepat
  • Berusaha Selalu Menghargai Atasan
  • Kita harus menghargai atasan yang memberikan ilmu mereka secara cuma-cuma. 
  • Isi Buku Jurnal

Kesimpulan 

Prakerin adalah dimana saat kita melaksanakan praktek langsung atau turun ke dunia kerja yang telah di jadwalkan pada saat kita kelas 2 SMK.
Nah, di artikel ini anda bisa mengetahui mengenai PKL jurusan RPL,
semoga informasi ini bisa membantu anda akan tetapi dimanapun anda PKL sebaiknya anda mempersiapkan hal - hal dasar yang telah ada di artikel. 

Jika anda masih bingung untuk mencari tempat magang atau pkl saya rekomendasikan untuk anda yaqng masih bingung mencari tempat magang untuk bagian RPL anda bisa mengunjungi kantor Betabisnis.com, sekian dari saya semoga bermanfaat terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...