Kamis, 26 Januari 2023

Langkah Awal Belajar SEO Apa yang dipelajari

Siang gays, 

Berjumpa lagi di artikel baru lagi yaa, nah di artikel kali ini saya akan berbagi dan sama - sama belajar dengan anda mengenai pembelajaran SEO oleh karena itu, yuk, baca artikel ini dan catat poin-poin pentingnya.

Untuk pemula, belajar search engine optimization (SEO) mungkin terdengar membingungkan. Mungkin kamu tidak tahu harus mulai dari mana, hal-hal apa saja yang perlu diketahui terlebih dahulu, atau tools apa saja yang dibutuhkan.

Perlu juga anda ketahui strategi digital marketing untuk mengoptimasi sebuah bisnis setelah anda membaca ini mungkin anda bisa membaca artikel ini.

Nah, sebenarnya tidak perlu khawatir. Di era digital ini, ada banyak sumber dan cara untuk mempelajari ilmu kekinian ini, lho. Jika kamu tertarik untuk mulai memahami SEO, di sini saya akan coba untuk menjelaskan beberapa dasar-dasar penting yang perlu dipahami sebagai pemula. 

Apa Yang di Maksud Dengan SEO?

Sebuah metode yang digunakan buat optimasi sesuatu web dengan tujuan mempermudah mesin pencarian untuk menciptakan web serta menempatkan di laman awal pada search engine keyword yang di tetapkan dengan user.

SEO juga dapat di artikan sebagai sebuah langkah atau cara optimasi yang mengoptimalkan sebuah situs supaya berada di posisi atas di mesin pencari, utamanya mesin pencari google.

Mengapa harus google? Sebab tak bisa dipungkiri jika google merupakan search engine terbaik dan terpopuler saat ini. Tak hanya dikunjungi oleh orang-orang Indonesia saja, tetapi juga orang luar negeri. Bahkan jumlah pengunjung mesin pencari ini tergolong sangat fantastis.

Apa Tujuan SEO?

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. 

Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung. 

Sebagai contoh saat anda mengetik pada mesin pencariaan misalnya Google, biasanya yang pertama kali anda liat dan anda kunjungi pasti hasil pencarian yang teratas atau paling tidak urutan nomor dua atau ke tiga dari pencarian. 

Maka dari itu yang empunyai blog dengan list postnya berada diantara tiga teratas hasil pencarian akan memiliki peluang besar untuk dikunjungi.

Apa Manfaat Yang di Peroleh Dengan Belajar SEO?

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa sih tetap harus menerapkan SEO website? Padahal kan bisa promosi situs lewat channel marketing lainnya. Misalnya memasang link website di bio Instagram, sebagainya.

Nah, perlu Anda ketahui, sebagian besar traffic terutama website bisnis itu datangnya dari mesin pencarian. Mau apapun bidang industrinya: teknologi, fesyen, kesehatan, dan sebagainya. Berikut manfaat yang akan kamu peroleh, berikut;

  • Memudahkan audiens menemukan website
  • Menjaring target audiens yang tepat
  • Membangun brand awareness 
  • Untuk investasi jangka panjang
  • Dapat meningkatkan penjualan dan konversi
  • Membangun top-of mind brand

Tutorial Cara Kerja SEO

Hal ini masih banyak yang belum mengetahuinya, padahal cara kerja SEO sangat penting diketahui supaya Anda bisa melakukan langkah yang tepat. Secara garis besar, SEO bekerja dimulai dari proses Crawling dan diakhiri dengan retreiving result. Berikut ini adalah tahapan-tahapannya :

Crawling

Crawling merupakan proses perayaan yang dilakukan perangkat lunak googlebot dalam mesin pencari google. Dalam Perayapan ini perayapan ini terjadi proses pengambilan semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut.

Indexing

Setelah melalui proses Crawling, tahapan selanjutnya adalah Indexing atau yang disebut juga pengindeksan. Pada tahap ini, semua halaman web diindeks dan disimpan ke dalam basis data mesin pencari. 

Oh ya, bagi Anda yang belum tau tentang pengindeksan, padat dasar Indexing merupakan proses identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang membuat halaman tersebut masuk dalam basis data search engine (mesin pencari) dengan keyword atau kata kunci tertentu.

Processing

Proses ini terjadi ketika user atau orang-orang yang melakukan browsing mengetikkan kata kunci tertentu di google. 

Ketika mesin pencari menerima permintaan kata kunci tertentu, search engine akan melakukan perbandingan dengan kata kunci yang sama ke dalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada basis data mesin pencari.

Calculating Relevancy

Kata kunci tertentu, misal “Apa Itu SEO” sudah barang tentu tidak mungkin dicari hanya satu orang saja. Bisa puluhan orang, ratusan orang, ribuan orang, bahkan bisa jutaan orang. 

Hal ini membuat mesin pencari melakukan sebuah proses yang disebut dengan calculating Relevancy. Mesin pencari akan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap keyword yang diterima.

Retreiving Result

Apa Itu Retreiving Result? Proses ini merupakan langkah terakhir dari cara kerja SEO. Pada tahap akhir ini, sistem mesin pencarian akan mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya. Jadi kurang lebih seperti itulah prosesnya.

Apa Saja Teknik SEO Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menaikkan Situs 

Secara garis besar, Anda bisa melakukan teknik SEO dengan dua cara optimasi. Yang pertama adalah SEO On Page dan yang kedua adalah SEO Off Page. Semua harus sama-sama dilakukan supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Mari simak masing-masing penjelasannya berikut ini :





SEO On Page

Apa itu SEO On Page? Teknik SEO ini dilakukan dari dalam yaitu dengan memanfaatkan konten yang Anda buat. 

Tentu saja konten tersebut harus berkualitas supaya lebih berpeluang menduduki peringkat pertama mesin pencari. Namun konten berkualitas saja tidak cukup, Anda juga harus mengetahui bagaimana caranya menulis artikel SEO friendly.

Tentang hal tersebut akan kami jelaskan lebih detail pada postingan berikutnya. Sebelum membuat konten, disarankan bagi penulis untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat persaingannya. Selain itu riset dilakukan untuk mengetahui volume pencari kata kunci tersebut.

SEO Off Page

Walaupun sifatnya yang hanya membantu, tetapi Anda tidak bisa melupakan hal ini begitu saja. Apa itu SEO Off Page? Optimasi SEO yang satu ini merupakan kebalikan dari SEO On Page dimana optimasinya tidak dilakukan dari dalam tetapi dari luar. Salah satu teknik SEO off page yang masih cukup efektif digunakan hingga saat ini adalah backlink

Baik SEO On Page maupun SEO Off Page saya sarankan dilakukan secara seimbang. Saat 3 bulan pertama website dibuat, optimalkan SEO on page terlebih dahulu baru setelah website berumur 3 bulan barulah Anda bisa lebih mengoptimalkan SEO off page. Tetap lakukan secara wajar dan tidak berlebihan. Penjelasan lebih jauh tentang SEO off page juga akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Mengapa Harus Belajar SEO?

SEO dapat membantu dan membuat situs web lebih menonjol dari para kompetitor. Inilah sebabnya mengapa mempelajari SEO dapat memastikan pekerjaan tetap, bergaji tinggi, atau bisnis yang berkembang, tergantung pada kecenderungan Anda.

Bahkan jika Anda adalah pemilik situs web, Anda harus belajar SEO karena itu akan membantu Anda memahami pasar dengan lebih baik. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus belajar SEO: 

SEO Sangat Diperlukan

Tidak ada situs web yang dapat melakukan segala hal sendiri. Tanpa SEO sebuah website akan binasa, sesederhana itu. Jumlah situs web akan terus bertambah, dan masuk akal untuk belajar SEO karena itu adalah bagian dari industri yang sedang booming.

SEO Memberi Wawasan dan Cara Pandang Tentang Internet Marketing 

Dengan belajar apa yang dapat memengaruhi situs web dan apa yang terjadi dengan website, pengetahuan ini membantu Anda melakukan bertukar pikiran dan strategi pemasaran Internet yang kreatif.

SEO Membantu Pemilik Situs Web Mendapat Informasi Lebih

Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah bidang yang sangat kreatif di mana kata dan kode digabungkan serta dirangkai untuk membuat situs web menjadi populer. Oleh karena itu, seorang SEO juga dapat mempelajari bagaimana situs web dibuat dan bagaimana kode mereka dapat dioptimalkan.

SEO Bersifat Dinamis

Taktik SEO terus berubah seiring waktu. Seorang profesional SEO memiliki banyak hal yang dinanti-nantikan dalam subjek ini. Penting bahwa selalu up to date dengan apa yang terjadi di dunia SEO.

Membuat Situs Web SEO On-Page

Belajar SEO mengajarkan kita cara membuat situs web yang lebih sempurna secara teknis yang dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Ini adalah pengetahuan yang tak ternilai.

SEO Meningkatkan Visibilitas Situs Web

Ketika profesional dukun SEO bekerja, orang menandai mereka sebagai ahli di bidangnya dan mereka mendapatkan pekerjaan yang jatuh ke pangkuan mereka tanpa usaha yang keras karena dibutuhkan oleh para pemilik situs lainnya.

Belajar Tentang Praktik SEO

Memahami bagaimana teknik SEO "whitehat" atau "blackhat". Melakukan teknik SEO yang sah dengan cara yang etis membantu situs web membangun kredibilitasnya baik untuk pengunjung web atau mesin telusur.

Itu adalah beberapa alasan mengapa pemilik situs web dan praktisi SEO harus belajar SEO. Bagi yang baru belajar SEO harus menyadari bahwa SEO adalah sebuah proses yang kompleks dan panjang yang mencakup bidang praktik yang luas. 

Itu tidak bisa menghasilkan hasil dalam semalam. SEO membutuhkan waktu agar keajaibannya bekerja  tetapi satu hal yang pasti, yaitu hasil dan bagaimana cara kerja SEO!

Bagaimana Cara Belajar SEO Untuk Pemula?

Akan tetapi, mungkin teman-teman yang hendak mau terjun ke SEO untuk mengembangkan bisnisnya masih merasa kebingungan mengenai cara belajarnya.

Apakah harus mempelajari keyword research terlebih dahulu, atau menguasai JavaScript. Untuk mengatasi hal tersebut, saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda praktikkan dalam belajar SEO dari awal. Berikut cara yang tepat:

1. Pahami devinisi SEO dengan cermat

2. Kenali cara kerja mesin pencari

3. Pelajari aktivitas - aktivitas kunci SEO

4. Belajar keyword risearch

5. Memahami SEO tools

6. Belajar dari para pakar secara online

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan, SEO (Search Engine Optimization) merupakan pengoptimalan situs yang dilakukan baik dari dalam maupun dari luar dengan kata kunci tertentu guna mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. 

Selain itu masih banyak faktor-faktor lainnya yang menentukan sebuah situs bisa berada di peringkat atas. Demikian penjelasan yang dapat saya bagikan mengenai apa itu SEO beserta penjelasannya. Berkunjung lah ke tempat di mana bisa membantu anda mempelajari SEO, saya rekomendasikan untuk anda mengunjungi betabisnis di situ anda bisa belajar banyak tentang SEO.

Jika Anda ingin mengoptimasi Website tapi masih memiliki pengetahuan SEO yang sedikit, Anda juga bisa menggunakan Jasa SEO. Semoga bermanfaat dan selamat belajar dan mendalami dunia SEO yang begitu luas. Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...