Senin, 30 Januari 2023

Strategi SEO Pemula Apakah Harus Bisa Coding?

Hello guys kembali lagi di artikel saya,

Di artikel ini saya akan membantu anda mengenai codding ya gays.

Tidak ada kata - kata berhenti untuk belajar SEO, mengingat algoritma google yang terus berubah strategi SEO pun juga harus terus di perbaiki. Jika tidak, maka sulit untuk bersaing di halaman mesin pencari. Pastinya anda tidak ingin hal itu terjadi pada website anda kan?



Nah, di artikel ini, saya ingin mengajak anda belajar SEO dasar menurut algoritma google terbaru. Supaya anda lebih memahaminya perlu anda ketahui langkah awal belajar SEO apa yang di pelajari, agar lebih tepat lagi ya. 

Teruntuk anda yang ingin belajar strategi digital marketing penting untuk mengoptimasi sebuah bisnis mungkin anda bisa memahami isi artiikel tersebut.

Apa Itu SEO?

Sebuah metode yang digunakan buat optimasi sesuatu web dengan tujuan mempermudah mesin pencarian untuk menciptakan web serta menempatkan di laman awal pada search engine keyword yang di tetapkan dengan user.

SEO juga dapat di artikan sebagai sebuah langkah atau cara optimasi yang mengoptimalkan sebuah situs supaya berada di posisi atas di mesin pencari, utamanya mesin pencari google.

Mengapa harus google? Sebab tak bisa dipungkiri jika google merupakan search engine terbaik dan terpopuler saat ini. Tak hanya dikunjungi oleh orang-orang Indonesia saja, tetapi juga orang luar negeri. Bahkan jumlah pengunjung mesin pencari ini tergolong sangat fantastis.

Apa Tujuan SEO?

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. 

Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung. 

Sebagai contoh saat anda mengetik pada mesin pencariaan misalnya Google, biasanya yang pertama kali anda liat dan anda kunjungi pasti hasil pencarian yang teratas atau paling tidak urutan nomor dua atau ke tiga dari pencarian. 

Maka dari itu yang mempunyai blog dengan list postnya berada diantara tiga teratas hasil pencarian akan memiliki peluang besar untuk dikunjungi.

Apa Manfaat Yang di Peroleh Dengan Belajar SEO?

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa sih tetap harus menerapkan SEO website? Padahal kan bisa promosi situs lewat channel marketing lainnya. Misalnya memasang link website di bio Instagram, sebagainya.

Nah, perlu Anda ketahui, sebagian besar traffic terutama website bisnis itu datangnya dari mesin pencarian. Mau apapun bidang industrinya: teknologi, fesyen, kesehatan, dan sebagainya. Berikut manfaat yang akan kamu peroleh, berikut;

Memudahkan audiens menemukan website

Menjaring target audiens yang tepat

Membangun brand awareness 

Untuk investasi jangka panjang

Dapat meningkatkan penjualan dan konversi


Teruntuk kamu yang berkeinginan terjun di dunia IT, coding wajib kamu pahami. 

Apalagi bagi kamu yang berkeinginan menjadi programmer atau developer, coding sangat wajib kamu kuasai. 

Saat ini sudah banyak orang yang mempelajari coding, walaupun bukan dari background yang memiliki pendidikan komputer atau informatika. Bukan tanpa alasan mereka belajar coding, mulai dari profesi yang melimpah dan banyak dibutuhkan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang karir.

Apa Itu Codding?

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. 

Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip. Dengan kata lain coding merupakan kegiatan yang dimana kamu memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk kamu. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. 

Setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kamu tuliskan. 

Sempat disinggung sebelumnya, bahwa saat kamu menuliskan kode saat ngoding kamu harus memperhatikan aturan sintaks. Aturan sintaks ini sangat penting untuk kamu patuhi. Karena komputer merupakan mesin yang hanya mampu menerima kode atau perintah yang kamu masukkan. 

Apabila kamu tidak menuliskan kode sesuai dengan aturan sintaks dan ada kode yang salah kamu tulis, maka perintah yang kamu tulis tidak dapat dijalankan oleh komputer.

Kenapa Perlu Belajar Codding?

Di era digital itu mampu menjadi momentum yang tepat kenapa setiap orang harus meningkatkan kualitas kompetensi diri, terutama di bidang teknologi. Sebab, di era yang serba digital ini, mobilitas masyarakat hampir semuanya bisa dikerjakan dirumah. 

Coding menjadi salah satu skill menjanjikan yang dapat meningkatkan kompetensi diri, berikut ada 6 alasan kenapa kita perlu belajar codding, sebagai berikut:

Prospek karier di masa depan

Memiliki keterampilan coding dapat memberikan prospek karier yang cerah di masa depan. Pertumbuhan bidang IT yang selalu mengalami kemajuan pesat membuka lapangan pekerjaan sebagai programmer kian meningkat.

Paparan teknologi yang sangat tinggi, membuat coding menjadi bahasa masa depan yang akan menguntungkan bagi para programmer. Kemajuan teknologi inilah, yang membuat sejumlah pekerjaan yang dikerjakan oleh manusia akan diganti menjadi mesin.

Mengasah pola pikir dan problem solving

Poin utama dalam belajar coding adalah kemampuan memecahkan masalah. Programmer dituntut untuk menyelesaikan masalah secara cepat dan menemukan solusi baru bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Coding merupakan salah satu jalan yang bisa dipilih untuk mengasah pola pikir dan kemampuan problem solving serta membiasakan diri menampilkan kreativitas. Menjadi seorang programmer akan membentuk pribadi yang berpikir secara terstruktur, sistematis dan efisien.

Melatih komunikasi

Belajar coding, ternyata tak hanya berdampak pada taraf hidup, melainkan juga melatih skill berkomunikasi dalam bersosialisasi. Coding memberikan kesempatan bagi para programmer, untuk bertukar pikiran dan saling memberikan solusi seputar pemrograman.

Bahkan, para programmer memiliki komunitas yang selalu aktif untuk memberikan referensi belajar dalam mengutarakan ide-ide kompleks.

Remote working

Kecanggihan teknologi, semakin mempermudah komunikasi dan pengetahuan. Dengan menguasai coding, para programmer tidak perlu datang ke kantor. Sehingga bisa bekerja dimanapun dan kapanpun, asalkan memiliki jaringan internet yang baik.

Menciptakan inovasi baru

Belajar coding, membuat para programmer dapat menciptakan berbagai teknologi yang memudahkan serta bermanfaat bagi masyarakat. 

Contoh saja aplikasi Gojek, yang saat ini menjadi salah satu start up besar di dunia yang telah memberikan sumbangsih dalam membangun perekonomian di Indonesia. Selain itu, banyak pula aplikasi baru yang bermunculan dan mengubah dunia.

Menguasai ilmu coding, memang bukanlah hal yang mudah, namun hal terpenting yang harus dimiliki adalah motivasi dan keinginan untuk terus belajar. Untuk belajar coding, bisa memilih perguruan tinggi yang berfokus di bidang teknologi.

Dimana Seharusnya Belajar Codding?

Akhir-akhir ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan posisi pekerjaan sebagai programmer atau developer website. Karena sudah banyak bisnis dan perusahaan yang akhirnya menyadari pentingnya memiliki website profesional sendiri. 

Mereka memerlukan orang yang memang ahli dalam membuat, mengelola, dan memelihara website. Berikut ada tempat dimana anda tau nantinya mempelajari codding, sebagai berikut:

W3Schools

Situs menyediakan compiler online yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu.

Bagi kamu yang lebih suka belajar coding dasar secara langsung praktek. W3school merupakan website yang cocok untuk kamu kunjungi. 

Berikut beberapa bahasa pemrograman yang disediakan oleh W3school:

  • HTML dan CSS.
  • JavaScript.
  • SQL,PHP, ASP, NoteJS, dan Raspberry Pi.
  • Python, Java, C++, C#, dan R.
  • XML.

CodeAcademy

Merupakan website banyak digunakan untuk pemula hingga tingkatan yang lebih expert. Karena situs ini kamu bisa mempelajari berbagai topik kursus, mulai dari pengenalan dan belajar pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut.

Situs ini juga menyediakan kuis untuk mengukur kemampuan kamu memahami materi yang sedang kamu pelajari. Codecademy terbukti efektif dan cukup interaktif untuk digunakan. Kamu bisa belajar secara bertahap dan Codecademy akan menyimpan pekerjaan kamu.

Bahasa pemrograman yang disediakan oleh CodeAcademy:

  • HTML dan CSS.
  • Python.
  • JavaScript, Java.
  • SQL.
  • Bash/Shell.
  • Ruby, C++, R, dan C# .
  • PHP.
  • Go.
  • Swift.
  • Kotlin.

Coursera

Saat ini, mungkin sudah banyak yang mengenal situs ini. Coursera didirikan sejak pada tahun 2012 oleh dua orang profesor Stanford Computer Science. Situs ini menyediakan berbagai tutorial, mulai dari bisnis, seni, matematika, dan banyak jenis lainnya. Tidak terkecuali tutorial untuk belajar coding dengan berbagai bahasa pemrograman.

Coursera juga menyediakan program sertifikat online, tetapi kamu perlu membayar biayanya. Website ini menyediakan kursus gratis yang bisa kamu coba untuk memulai belajar coding. Namun juga menyediakan kursus berbayar untuk masuk ke beberapa materi khusus tertentu.

Beberapa kursus bahasa pemograman yang disediakan:

  • Python.
  • Java.
  • HTML dan CSS.
  • IoT Programming.
  • C Language.
  • Introduction to programming.

Codewars

Situs belajar online yang terinspirasi dari “seni bela diri”. Dimana setiap pengguna akan diberikan tantangan menggunakan sebuah metode kata. Kata disini bukan bahasa indonesia, tetapi seni latihan yang digunakan untuk belajar pemrograman dengan metode latihan dan pengulangan.

Seiring dengan kemajuan proses belajar kamu dan semakin tinggi tingkatan yang sudah kamu selesaikan. Maka akan dihadapkan dengan tantangan yang lebih sulit lagi. Disini juga memungkinkan kamu untuk membuat kata kamu sendiri untuk diselesaikan orang lain dan berdiskusi dengan mereka.

Dibawah ini bahasa pemograman yang disediakan oleh Codewars:

  • Clojure.
  • C#.
  • Go.
  • Kotlin.
  • Python.
  • Java and JavaScript.
  • PHP.

Dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya.

EdX

Situs belajar coding yang bersifat open source. Didirikan oleh dua universitas dunia, Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. EdX juga menyediakan program sertifikat online dengan membayar sesuai dengan kursus yang kamu ikuti.

Berikut beberapa bahasa pemrograman yang disediakan oleh EdX:

  • Azure.
  • Blockchain.
  • C Programming.
  • Devops.
  • Django.
  • Full Stack Development.
  • Html.
  • Java.
  • Javascript.
  • Python.

Code Avengers

Situs yang menawarkan cara belajar membuat aplikasi, games, dan website secara langsung. Situs ini juga menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang fun dan interaktif.

Code avenger menyediakan tiga jenis pilihan pengguna, yakni JR (beginner dengan usia 5-14 tahun), EDU (School teachers), dan PRO (beginner dengan usia lebih dari 15 tahun).

Situs ini juga menawarkan komunitas yang dapat membantu kamu belajar coding. Kamu memiliki waktu selama 12 jam untuk menyelesaikan setiap kursus. Kursus-kursus tersebut dapat diakses dalam berbagai bahasa.

Berikut bahasa pemrograman yang disediakan:

  • HTML dan CSS.
  • Python.
  • Javascript.
  • jQuery.

Solo Learn

Website yang menawarkan pelatihan berbagai bahasa pemrograman. Situs ini juga menyediakan website yang mobile friendly. Disini kamu juga bisa menemukan fitur Solo Learn Playground.

Fitur ini terdapat area untuk membagikan kode yang sedang dikerjakan dan orang lain dapat berkolaborasi dengan kamu. Mereka akan memberikan masukan atau bahkan mendapatkan inspirasi dari kode dan ide kamu.

Beberapa pelatihan bahasa pemograman yang disediakan oleh Solo Learn adalah:

  • Ruby.
  • jQuery.
  • Swift 4 Fundamentals.
  • HTML.
  • CSS.
  • PHP.
  • SQL.
  • C / C# / C++.
  • JavaScript.

Bagaimana Cara Melakukan Codding?

Coding merupakan salah satu skill profesional yang amat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kabar baiknya, belajar coding kini tidak hanya terbatas pada bangku kuliah atau pendidikan formal sejenis. Kamu pun bisa mempelajarinya dengan banyak cara.



Berbagai perusahaan kini semakin gencar mencari orang-orang yang memiliki kemampuan dalam coding. Alasannya tak lain karena skill inilah yang berperan penting dalam pengembangan situs dan software serta pemrograman komputer.

1. Pahami konsep dasar coding


Sebelum mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kamu harus memahami lima konsep yang menjadi dasar dari coding. Konsep dasar tersebut di antaranya:
Variabel. Ini adalah nilai, angka, character string, maupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.

Control structure, yakni serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.
Struktur data. Ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.

Syntax, yaitu kode atau script yang dipahami oleh komputer guna mencapai tujuan programmer.
Tools, atau serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung, serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

2. Memilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang kamu pilih tergantung pada tujuan coding itu sendiri. Jadi, tentukan terlebih dulu tujuan coding agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman sekaligus sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah situs tentu berbeda dengan yang diperuntukkan bagi perancang mobile game.
Untungnya, kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga bisa diterapkan oleh pemula sekalipun.

3. Pelajari bahasa pemrograman satu demi satu

Saat belajar coding sebagai pemula, kamu sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax.

Awali dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana seperti bahasa pemrograman Python, JavaScript, atau HTML/CSS.
Namun, kamu mungkin perlu mempelajari HTML dan CS secara bersamaan jika kamu berencana mengembangkan situs. 

Pasalnya, kedua bahasa pemrograman ini biasanya perlu digunakan secara bersamaan.

4. Mempelajari dasar setiap bahasa pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika kamu hendak mempelajari Python, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial.

Uraikan satu proyek yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak ada salahnya menghabiskan beberapa hari untuk mempelajari satu langkah sebelum memulai yang lain. Setelah kamu menguasai tutorial, coba hapus kembali dan ulangi dari awal.

5. Mengikuti kursus coding

Beragam online course kini tersedia untuk pengguna yang ingin belajar coding mulai dari dasarnya. Bentuk online course amat beragam, mulai berbasis teks, video tutorial, hingga yang paling mutakhir berupa course interaktif.

Course interaktif bahkan lebih efektif karena adanya praktik langsung mengenai materi spesifik.
Kamu dapat mencoba belajar secara gratis melalui situs-situs seperti Codecademy, Code.org, KhanAcademy, bahkan Scratch yang dapat digunakan oleh semua usia.

Saking banyaknya platform yang menyediakan belajar coding, kamu juga bisa mengikuti rekomendasi kursus docker gratis atau mendaftar online course melalui Udemy. 

Di mana EKRUT bekerja sama dengan Udemy menghadirkan beragam macam kursus termasuk didalamnya kursus coding. 

6. Mempelajari coding yang dibuat orang lain

Kamu bisa menemukan potongan coding dengan mudah karena coding dan programming adalah open source yang bisa diakses semua orang. Cobalah temukan coding yang sederhana, lalu amati aspek berikut:

Apakah metode yang digunakan pada setiap line coding sudah efektif?
Apakah ada kesalahan dalam potongan coding tersebut?
Bagaimana cara mengubah suatu kode agar fungsinya berubah?

7. Mempelajari coding melalui game online

Ini mungkin menjadi hal yang mengasyikkan sebagai tips belajar coding. Pasalnya kamu bisa belajar coding android sembari mempelajarinya melalui game online yang dibuat oleh developers. 

Banyak game online yang kini dibuat berdasarkan bahasa pemrograman JavaScript, C++ hingga Java, contohnya adalah Counter Strike, Angrybirds, Polycraft, Football Pro dan sebagainya. 

Melalui game online ini kamu bisa mempelajari desain gamenya hingga kesulitan yang dimunculkan oleh developers di dalam game tersebut. 

8. Belajar coding dari buku 

Meski tergolong konvesional tetapi, lewat buku kamu bisa belajar coding gratis bahasa Indonesia yang bisa kamu dapatkan di perpustakaan tempat tinggalmu atau buku yang kamu pinjam dari teman. 

Ada banyak buku pemrograman yang bisa kamu temukan. Beberapa di antaranya buku 'Coding membuat program' karya Elizabeth Tweedale yang sudah dialihbahasakan dalam terjemahan bahasa Indonesia. Lalu ada juga buku 'Belajar Coding Android bagi pemula' karya Yuniar Supardi. 

9. Carilah mentor 

Ada banyak komunitas programming yang bisa kamu ikuti. Dengan bergabung di komunitas-komunitas ini, kamu dapat bertemu dengan banyak programmer dan developer yang bisa kamu jadikan teman diskusi atau bahkan mentor dalam proses belajar coding.

Pengalaman, nasihat dan feedback mereka akan menambah pengetahuan dan pengalaman belajar coding untuk pemula sepertimu.
Tidak menutup kemungkinan setelah kamu menjadi handal, giliran kamu yang menjadi mentor bagi para pemula lainnya.  

Pada dasarnya, tidak ada metode belajar coding terbaik yang dapat diterapkan kepada semua orang.

Kamu perlu mengenal berbagai bahasa pemrograman dari sumber pembelajaran yang amat beragam agar bisa menemukan apa yang membuatmu nyaman.

Mempelajari coding dan programming juga memerlukan waktu dan kesabaran, tapi hasilnya akan terbayar dengan skill yang mumpuni.

Kesimpulan

Coding merupakan proses atau kegiatan pengolahan kode yang kamu tuliskan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sehingga komputer dapat memahami apa yang kamu tuliskan dan melakukan operasi sesuai dengan apa yang kamu tulis. 

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, memiliki kemampuan ngoding akan menjadi bekal yang bagus untuk kamu. Nahh, saya juga rekomendasikan tempat agar anda bisa belajar di betabisnis supaya banyak lagi yang anda pahami, semoga bermanfaat terimaksih.


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...