Rabu, 08 Februari 2023

Apa Pentingnya Riset Keyword SEO dan Apa Akibat Jika Tidak Menggunakan Riset Keyword

Kembali lagi dengan saya, 

Anda juga perlu tahu apa itu landing page dan contohnya, ternyata ini ciri - ciri dan bentunya, nah dari panduan itu, anda bisa memahami mengenai landing page. 

                           

Apa Itu Riset Kata Kunci?

Keyword research atau riset keyword adalah proses memahami kata kunci yang digunakan oleh pengguna dalam mencari produk, jasa, dan konten. Dalam aktivitas keyword research terdapat proses menganalisis dan menemukan kata kunci yang sesuai dengan tujuan, sering kali untuk  search engine optimization (optimisasi mesin pencari) atau pemasaran umum. 

Keyword research dapat mengungkap kueri yang ditargetkan, volume pencarian, tingkat kesulitan, dan banyak lagi. Keyword research penting untuk menemukan apa yang pengguna cari di search engine, sehingga kita dapat menghindari pembuatan konten yang tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. 

Alasan Mengapa Riset Keyword Penting untuk SEO dan Digital Marketing

Riset keyword merupakan proses menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis, produk atau layanan Anda serta memiliki kemungkinan besar dicari oleh banyak pengguna secara online. Riset keyword dapat dikatakan sebagai salah satu langkah penting untuk mengoptimalkan SEO on page karena dapat mempengaruhi performa website Anda.

Saat ini sudah banyak riset keyword tools yang dapat memudahkan Anda menemukan kata kunci yang tepat, seperti Google Keyword Planner, SEMrush, dan lain-lain.

Menghasilkan konten pemasaran yang baik

Agar konten yang Anda buat dapat menjadi media pemasaran yang baik, konten harus Anda buat dengan keyword yang relevan dengan layanan Anda. Pada umumnya pengguna akan selalu mencari informasi di mesin pencari melalui sebuah keyword. Dengan riset keyword Anda dapat menemukan kata kunci apa saja yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Riset keyword


Mendapat peringkat yang lebih baik di mesin pencari
Selain membuat konten yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan artibut HTML dan metadata di dalamnya. Keyword yang Anda dapat dari hasil riset dapat Anda sisipkan ke dalam judul, slug, serta meta description artikel. Hal ini akan memudahkan mesin pencari untuk menangkap detail konten yang telah Anda buat.

Meningkatkan traffic dan penjualan


Melalui riset keyword, Anda akan menemukan kata kunci populer yang sedang banyak dicari oleh pengguna di internet. Dengan menggunakan keyword tersebut, maka peluang website Anda untuk dikunjungi juga akan menjadi lebih besar.

Pastikan ketika melakukan riset keyword, Anda selalu memilih kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi namun dengan tingkat kompetitif yang rendah. Hal ini akan membuat konten Anda menjadi lebih mudah untuk ditemukan pengguna.

Anda dapat menggunakan tools bernama Google Trends untuk mengetahui topik relevan yang sedang diminati di wilayah Anda. Semakin banyak pengguna yang tertarik dan mengunjungi website Anda, maka semakin banyak juga peluang penjualan yang dapat Anda hasilkan.

Layanan Logique Digital Indonesia


Logique Digital Indonesia melayani jasa pembuatan konten berkualitas untuk website Anda. Kami juga dapat membantu memberikan layanan digital marketing serta optimasi SEO untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Mengapa Pentingnya Meriset Keyword SEO

Ternyata, upaya optimasi strategi SEO tidak akan berhasil tanpa melakukan tahap ini, yaitu meriset kata kunci. Kata kunci yang relavan dan tepat dengan website. Nah, memang mengapa perlu riset kata kunci dengan benar? Berikut beberapa alasan kuat mengapa diperlukannya riset kata kunci:

1. Memahami Scope Bisnis Lebih Dalam


Salah satu keuntungan dari meriset kata kunci adalah kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang bisnis. Anda bisa mempelajari kata kunci apa saja yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan sekaligus sesuai dengan tujuan Anda dalam menerapkan strategi SEO. 

Katakanlah Anda mempunyai bisnis yang berkecimpung di dalam dunia fashion. Anda ingin mencari banyak topik untuk mendorong website Anda ke halaman pertama mesin pencarian dengan kata kunci fashion. Akan tetapi, topik ini terlalu luas, sehingga bisa mempengaruhi hasil. 

Itulah mengapa kata kunci penting untuk diketahui. Anda bisa meriset kata kunci terlebih dahulu untuk mendapatkan topik yang lebih spesifik yang sesuai dengan scope bisnis. Misalnya, tokoh inspirasi fashion, style kalangan anak muda masa kini, serta outfit of the day ala anak sekolahan. 

2. Mensurvei Pasar Bisnis


Alasan kedua yang tidak kalah penting adalah peluang untuk mensurvei situasi pasar bisnis. Melalui riset, Anda bisa mengetahui kata kunci mana yang memiliki volume pencarian tertinggi. Tingginya volume pencarian menunjukkan bahwa banyak pengguna yang mencari hal tersebut. 

Kalau Anda menggunakan kata kunci itu, traffic website dapat meningkat pesat. Akan tetapi, Anda tidak dianjurkan untuk hanya mengambil kata kunci bervolume tinggi. Sebab, ada kemungkinan bahwa para kompetitor Anda menggunakan kata kunci yang sama dengan harapan dan tujuan yang serupa. 
banner

Inilah mengapa sangat diperlukan untuk riset kata kunci terlebih dahulu. Untuk menghadapi persaingan ketat, Anda bisa menggunakan tools riset keyword gratis seperti Google trends. Tools ini berguna, supaya Anda mengetahui topik apa yang sedang diminati oleh audiens di sekitar wilayah bisnis. 

3. Mempengaruhi Ranking Website di Google


Membuat mesin pencarian ‘melihat’ website Anda tidaklah mudah. Google sendiri mempunyai kriteria terhadap suatu website. Kriteria tersebut termasuk menggunakan kata kunci relevan dan konten website yang berkualitas. 

Jika website Anda belum memenuhi kriteria tersebut, maka Google belum bisa melakukan ranking ataupun menempatkan website di halaman pencarian. Oleh karena itu, Anda perlu meriset dengan seksama dan menentukan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. 

Akan tetapi, Anda harus tahu cara riset keyword, supaya Google bisa menganggap website bisnis Anda sebagai website yang layak diranking. Itulah mengapa kata kunci penting untuk diketahui

4. Supaya Strategi SEO Berhasil


Search engine optimisation (SEO) adalah strategi pemasaran digital organik yang banyak membantu website untuk ter ranking di Google atau mesin pencarian lainnya.  Strategi ini tidaklah berbayar, tapi memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sebelum melihat hasilnya. Salah satu cara pengoptimalannya adalah melalui kata kunci yang tepat.

Keyword yang tepat mampu membangun website supaya menjangkau audiens yang tertarget. Apabila upaya ini berhasil, traffic dan engagement pada website diharapkan akan mengundang banyak audiens untuk menjadi calon pelanggan dari bisnis Anda. 

5. Mengetahui Tingkat Persaingan di Scope Bisnis


Persaingan pasti ada dalam bisnis apapun, termasuk di ranah digital. Banyak bisnis yang sudah beralih ke pemasaran digital dan menerapkan berbagai strategi yang kemungkinan serupa dengan rencana Anda. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat diperlukan untuk riset kata kunci.

Katakanlah Anda sudah menentukan satu kata kunci untuk pemasaran iklan berbayar atau search engine marketing (SEM), yaitu ‘baju untuk anak sekolah dasar di Bandung’. Akan tetapi, volume kata kunci ini ternyata mempunyai volume persaingan kata kunci yang banyak. 

Informasi ini menunjukkan bahwa Anda sebaiknya mencari kata kunci lain. Kalau Anda tetap bersikeras, iklan Anda bisa saja tertutupi oleh iklan berbayar lainnya. 

Sudah Paham Mengapa Diperlukan Riset Kata Kunci? 


Apakah sudah paham mengapa diperlukan riset kata kunci? Semua orang pasti ingin bisnisnya dikenal dan menjangkau lebih banyak audiens. Oleh karena itu, meriset kata kunci sangatlah penting. Tanpa kata kunci yang tepat, tujuan pemasaran Anda bisa saja menjadi kurang maksimal. Tetapi, riset kata kunci sulit sekali. 

Akibat Jika Tidak Melakukan Riset Keyword 

Meriset kata kunci pasti di lakukan untuk mengetahui target pasar di lokasi tempat membuat usaha, anda yang ingin memulai usaha dengan meriset kata kunci agar anda bisa mempertimbangkan nya untuk membangun usaha di suatu tempat,  

Tetapi jika anda tidak melakukan riset nya maka bisa di tafsirkan usaha yang anda dirikan akan sulit memenuhi target nya setiap hasi, jadi jika ingin membuka sebuah usaha pastikan anda melakukan riset terlebih dahulu agar mudah mencapai target anda.

Tutorial Cara Meriset Keyword SEO

Kebanyakan orang mungkin belum mengetahui bagaimana cara melakukan riset keyword dengan baik. Padahal, riset kata kunci atau keyword research sangat penting untuk dilakukan di era yang sudah serba digital sekarang.





Pasalnya, dengan melakukan riset terhadap keyword, konten kamu bisa menduduki peringkat teratas di halaman Google. Sehingga nantinya akan ada banyak orang yang mengklik konten tersebut.

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk melakukan riset keyword supaya berhasil menguasai halaman pertama Google?
  • Menentukan ide/ target
  • Menentukan riset pasar
  • Mengumpulkan data
  • Gunakan tools yang bagus
  • Mencari tahu tentang kompetitor
  • Mempersiapkan brosur

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara riset keyword untuk blog dan website. Temukan keyword yang paling tepat untuk website dan blog Anda untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian. Kesalahan memilih keyword akan berpengaruh pada popularitas website dan blog Anda. 
Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda, sekian dari saya terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...