Selasa, 07 Februari 2023

Cara Melakukan Riset Keyword Yang Benar Melakukan Google, Google Trends dan Ubersuggest

Hello gays, kembali lagi di artikel saya 

Di artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai langkah awal belajar SEO apa yang dipelajari.

Nah, sesudah anda memahami artikel itu, di artikel ini kita akan membahas cara melakukan riset yang sesuai judul tersebut.

Keyword adalah salah satu kunci keberhasilan strategi content marketing. Nah, itu sebabnya kamu butuh tools untuk mencari keyword yang tepat, salah satunya Ubersuggest. Bukan hanya riset keyword saja, Ubersuggest ternyata juga punya segudang fitur yang bermanfaat untuk startegi SEO.

Tertarik untuk tau lebih lanjut? Artikel ini akan membahas definisi, fitur, dan metrik Ubersuggest, hingga cara menggunakan Ubersuggest untuk membantumu melakukan riset kata kunci.

Yuk, langsung simak di bawah ini!

Apa Itu Google?

Google adalah sebuah mesin pencari terbesar dan terbaik pada saat ini. Google merupakan sebuah perusahaan besar amerika yang menyediakan produk dan jasa seputar internet.

Google adalah mesin pencari yang dapat digunakan untuk menemukan berbagai informasi seperti situs web, gambar, peta atau bahkan hanya jawaban untuk petunjuk teka-teki silang yang sederhana sekalipun berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Digitalunite.

Google menggunakan program komputer yang disebut “Perayap Web” atau Web Crawler yang juga dikenal dengan BOT dari Google yang melihat miliaran situs web yang tersedia di WWW (World Wide Web) dan memeriksa konten mereka untuk menemukan “kata kunci” atau yang biasa disebut dengan Keyword. 

Kemudian indeks ini untuk membuat situs web lebih mudah untuk menemukan mesin pencari. Jadi, jika Anda mengetikkan kata “Blog Belajar Teknologi Informasi” di kotak pencarian, sebagai contoh, Google akan menunjukkan kepada Anda semua situs web dengan informasi Teknologi.

Tutorial Menggunakan Google

Seperti yang anda ketahui sebelumnya yakan, anda juga sudah sering menggunakan google untuk mencari sebuah jawaban dari pertanyaan anda. Nah berikut ada beberapa cara menggunakan google, sebagai berikut"

1. Buka halaman google seperti pada gambar.


2. Lalu ketikkan kata kunci yang ingin anda cari


3. Langkah selanjutnya anda bisa mendapatkan hasil kata kunci yang anda cari

 

Apa Tujuan Google?

Tujuan Utama Google adalah untuk menyediakan kepada pengguna hasil yang paling relevan, kualitas tertinggi berdasarkan permintaan pencarian pengguna, yaitu keinginan dan kebutuhan mereka saat melakukan pencarian online. Google harus mempercayai situs web atau bisnis sebelum peringkat itu secara organik. Berikut tujuan utamanya:

1. Memberikan Hasil Pencarian Terbaik

Jadi apa tujuan Google? Tujuan Google adalah untuk memberikan hasil terbaik untuk permintaan Anda. Google secara universal dikenal sebagai tempat untuk mencari informasi. Jawaban, fakta, arah, produk, layanan dan informasi yang tampaknya tak terbatas di ujung jari kita. Kata “Google” bahkan dikategorikan sebagai kata kerja oleh Oxford English Dictionary pada tahun 2006. Untuk yang terbaik dari kemampuannya, Google menunjukkan kepada kita apa yang kita minta ketika kita memintanya.

Mengapa Google memberi kami jawaban instan untuk pertanyaan kami? Dan untuk itu, bagaimana kita tahu bahwa jawaban yang diberikan oleh Google adalah jawaban yang kita cari? Sederhananya dari perilaku dan algoritma pengguna. Algoritma Google menyaring melalui Database besar yang diisi dengan jutaan situs web, tautan, direktori, dan publikasi. Untuk memaksimalkannya para Webmaster sering menyebutnya dengan SEO (Search Engine Optimization).

2. Maksimalkan UX

Seperti yang Kami sebutkan pada pembahasan apa itu Google di atas, Google tidak hanya mengandalkan algoritma yang tidak dapat dipahami. 

Banyak dari kegiatan harian yang kita masing-masing terlibat dalam online memainkan peran penting dalam bagaimana mesin pencari menentukan peringkat. Itu mengenali bagaimana kita berinteraksi, apa yang kita klik, apa yang kita bagi, dan yang paling penting, apa yang tidak kita butuhkan.

Selain itu, orang yang berbagi dan merekomendasikan konten online adalah tekad lain. Jenis perilaku pengguna ini mirip dengan para peneliti yang mengutip karya-karya lain dan sumber-sumber utama dalam daftar pustaka. 

Perilaku pengguna, serta UX (User Experience) atau pengalaman pengguna, memiliki dampak yang signifikan terhadap bagaimana Google mencapai tujuannya dalam menyediakan hasil pencarian berkualitas tinggi.

3. Menghilangkan Konten Berkualitas Rendah dari SERP

Google terus memperbarui algoritma untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang serta menghabisi SEO yang tidak wajar atau yang sering disebut dengan Black-Hat SEO. 

Selama lima tahun terakhir, Kami sendiri telah melihat perubahan algoritma Google yang paling signifikan. Perubahan ditujukan untuk meningkatkan hasil pencarian sehingga konten yang terbaik dan paling relevan mendapatkan paparan yang layak.

Dengan pembaruan ini, Google juga bermaksud untuk menghilangkan konten berkualitas rendah dari hasil pencarian. Situs web akan dihukum atau diberikan Penalti jika mereka gagal mengikuti pedoman kualitas.

Ketika Google memasuki pasar pencarian online, Yahoo lah yang memimpin pasar dalam Internet. Dalam rentang waktu singkat, Google telah menjadi mesin pencari terbaik dengan memotong pangsa pasar Yahoo dan yang lainnya.

Kenapa Harus Menggunakan Google?

Ada banyak alasan mengapa orang-orang suka sekali menggunakan Google sehingga popularitasnya semakin populer. Salah satu faktor tersebut karena bentuk beranda Google sangat sederhana, mudah digunakan, dan memuat dengan cepat. 

Selain itu, Google juga memberi pengguna hasil yang lebih baik daripada mesin telusur lainnya dan dapat menemukan lebih banyak informasi dengan cepat. 

Misalnya, seorang siswa yang ingin belajar misalnya tentang “dunia komputer” dapat mengetikkan kata kunci tersebut ke mesin pencari dan menemukan informasi terperinci dalam beberapa menit. Bahkan jika anda salah dalam mengeja, mesin pencari tersebut akan membetulkan kesalahan pengejaan dengan menyarankan ejaan yang lebih baik.

Google telah menjadi bagian dari budaya sosial kita. Selama bertahun-tahun, Google telah mendapatkan popularitas yang cukup tinggi di masyarakat. 

Perusahaan ini bahkan telah disebutkan di banyak acara TV dan film dan dianggap sebagai bagian dari “budaya pop”, sehingga sudah menjadi hal yang lazim bagi seseorang untuk mengatakan, “Cukup googling saja” untuk mengetahui lebih banyak tentang sebuah topik atau sesuatu yang membuat anda penasaran.

Google Trends adalah sebuah tool yang sangat berguna untuk mengatasi kebuntuan dalam membuat ide konten.

Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk membuat konten-konten di blog maupun website, pastinya Anda pernah mengalami kehabisan ide untuk menentukan topik artikel.

Karena tool untuk riset kata kunci atau keyword yang ditawarkan tidak semuanya gratis, maka menggunakan Google Trends akan sangat membantu Anda.

Namun, perlu diingat bahwa Google Trends ini tidak seperti kebanyakan tool untuk riset keyword yang ada.

Dalam penggunaannya, Google Trends sebenarnya jauh lebih mudah digunakan, tetapi belum banyak yang mengetahui sebenarnya apa itu Google Trends.

Apa Itu Google Trends?

Sebuah situs milik Google yang berperan sebagai tool untuk menyediakan data tentang tren dan seberapa sering sebuah kata kunci dicari di mesin pencarian Google.

Selain itu, Google Trends juga menyediakan data tentang volume pencarian dan informasi mengenai geografi pencarian keyword.

Mengingat search engine Google adalah yang paling populer di dunia, tak heran apabila Google Trends akan menyediakan tren-tren keyword yang cukup akurat berdasarkan peristiwa yang sedang hangat.
Google Trends bisa dibilang menjadi satu-satunya tool gratis yang bisa digunakan oleh pengguna yang sedang mencari ide keyword untuk konten website dengan sajian data yang lengkap.
 

Bagaimana Cara Menggunakan Google Trends?

Setelah mempelajari secara singkat mengenai apa itu Google Trends, kini waktunya Anda belajar bagaimana cara menggunakan Google Trends.

Meskipun Google Trends adalah tool gratis, tetapi fungsi dan fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan tool riset keyword pada umumnya.

Riset Keyword

Google Trends akan menampilkan keyword yang paling populer secara default, tetapi Anda juga dapat mengubah data pencarian dari Google Search ke YouTube, hingga Google News, tergantung kebutuhan Anda.              


Menemukan Topik yang Berkaitan

Topik yang berkaitan dengan topik yang sedang populer akan memberikan Anda ide tambahan untuk membuat konten yang selanjutnya.         


 Menampilkan Keyword yang Berkaitan   

Kemampuan lain dari Google Trends adalah dapat menemukan keyword yang berkaitan dengan keyword populer.

      

 Menemukan Pencarian Trending

  Google Trends mampu mendapatkan data-data mengenai pencarian yang sedang trending berdasarkan    peristiwa yang terjadi. Data tersebut sangat berguna khususnya pada website-website yang memiliki      konten berita terbaru.


Tidak sampai di situ google ubersuggest juga bisa di gunakan untuk mencari kata kunci, nah, salah satu tool populer yang bisa digunakan secara gratis adalah Ubersuggest. Tool keyword research batan neil Patel sang master SEO ini bisa digunakan untuk mencari kata kunci populer. Simak sebagai berikut:

Apa Itu Ubersuggest?

Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi, Ubersuggest adalah tool keyword research yang lengkap, populer dan bisa digunakan secara gratis. Tool ini diciptakan oleh Neil Patel. Dengan menggunakan keyword yang tepat, hal ini dapat memaksimalkan optimasi SEO pada sebuah website.

Menggunakan tool seperti ini akan memudahkan proses pembuatan konten kamu, terlebih lagi proses keyword research bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan secara manual. Ada banyak informasi yang harus kamu ketahui agar bisa memilih keyword terbaik.

Fitur - Fitur Yang Terdapat Pada Ubersuggest

Setelah mengetahui pengertian Ubersuggest, ada baiknya jika kamu mengetahui informasi yang disediakan oleh tool ini. Jadi, sebelum membahas cara menggunakan Ubersuggest, perhatikan beberapa fitur/informasi di Ubersuggest berikut ini, yaitu:

1. Domain Overview

Kamu bisa melihat performa kompetitor, mulai dari SEO, content marketing, hingga strategi social media marketing yang mereka lakukan.

Tool ini memungkinkan penggunanya mengetahui insight dari strategi-strategi yang digunakan oleh para kompetitor. dari data tersebut, kamu bisa mengadaptasi kedalam strategi milikmu sendiri.

2. Top SEO Page

Selain mengetahui performa kompetitor, kamu juga bisa mendapatkan data tentang halaman-halaman teratas dari para kompetitor tersebut, dan mengetahui organic keyword yang mereka gunakan.

3. Keyword Suggestion

Fitur ini memungkinkan pengguna mendapat keyword ideas sebanyak mungkin. Kamu juga mendapatkan data seperti volume, kompetisi, dan tren dari setiap keyword. Informasi tersebut berdasarkan data dari para kompetitor, dan apa saja yang dicari orang-orang di Google.

4. Content Ideas

Di informasi ini, pengguna dapat menemukan berbagai macam ide untuk konten-konten di website mereka. Dengan mengetahui kata kunci konten, kamu bisa melakukan strategi content marketing dengan lebih efektif.

5. Backlink Data

Backlink merupakan salah satu cara untuk mempercepat hasil strategi SEO website. Dengan Ubersuggest, kamu dapat melihat konten apa saja yang sering di link oleh orang-orang.

Fitur dan informasi di Ubersuggest sangat membantu bukan? Untuk pembahasan cara menggunakan Ubersuggest akan kita bahas di poin selanjutnya. Jadi, simak sampai selesai ya!

Kelebihan dan Kekurangan Ubersuggest

Kelebihan dari tool research keyword ini yaitu mendapatkan akses ke banyak long tail keyword yang dapat digunakan untuk membuat konten. Selain itu, kamu juga bisa meneliti lebih lanjut tentang keyword-keyword tersebut.

Selain kelebihan, Ubersuggest juga memiliki kelemahan yaitu, tidak ada data pada daya saing keyword, tak ada volume penarikan, kamu memerlukan tools lain untuk memeriksa potensi keyword tersebut. Meskipun begitu, tak ada salahnya menggunakan tool ini.

Cara Menggunakan Ubersuggest

Tak hanya riset keyword, ini dia berbagai cara menggunakan Ubersuggest yang dapat membantu optimasi SEO website-mu. Berikut cara menggunakan ubersuggest:

Melakukan Riset Keyword

  •    Kunjungi situs Ubersuggest
  •    Masukkan keyword yang ingin ditelusuri di search bar
  •    Ubah pilihan negara yang tepat, klik Search
  •    Scroll ke bawah untuk melihat keyword dan content ideas

Mengecek Backlink

  •    Buka Ubersuggest Backlink Checker di browser
  •    Masukkan alamat situs yang ingin kamu telusuri di kolom search bar, pilih jenisnya apakah domain atau         URL
  •    Klik Search

Melakukan Site Audit

  •    Kunjungi laman Ubersuggest Site Audit
  •    Masukkan alamat situs di kolom yang tersedia
  •    Klik Search

Pengecekan Traffic

  •    Buka Ubersuggest Traffic Analyzer Overview 
  •    Masukkan alamat website yang ingin ditelusuri
  •    Pilih jenis domain atau URL, lalu pilih Language/Country yang sesuai
  •    Klik Search

Kesimpulan

Kamu sudah mengetahui apa itu Ubersuggest, fitur-fiturnya, hingga cara menggunakannya untuk melakukan riset kata kunci. Bagaimana, apakah kamu sudah lebih paham dan tertarik untuk mencoba? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakannya karena Ubersuggest menyediakan layanan gratis dengan batasan tertentu. Selamat mencoba dan salam sukses online!

Semoga membantu anda, terimakasih.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Magang SMK Jurusan RPL di Betabisnis Selama 5 Bulan

Helllo, kembali lagi bertemu dengan saya  Disini saya akan menceritakan pengalaman saya PKL di betabisnis selama 5 bulan. Sebelumnya apakah ...